Istilah Programming di Scanner Mobil itu apa?

/, Software Otomotif/Istilah Programming di Scanner Mobil itu apa?

Istilah Programming di Scanner Mobil itu apa?

Dalam fitur alat scanner mobil (car diagnostic) sering kita jumpai istilah Programming. Programming adalah proses menyalin atau mengupdate software yang ada dalam ECU/Engine Control Unit (kadang juga disebut ECM/Engine Control Module) menjadi software yang baru. Proses ini juga biasa disebut dengan istilah flasing, installing atau reconfiguring. Mari kita ambil sebuah analogi untuk mempermudah memahami apa itu Programming. Misalnya anda memiliki sebuah ponsel dan terjadi kerusakan sehingga ponsel tidak dapat digunakan, kemudian anda membawanya ke service center, teknisi dari service center mengatakan, “ini harus diflash atau diinstall ulang”. Nah proses seperti itulah yang dilakukan ketika proses programming ECU pada mobil.

Pada kurun waktu dua dekade bekangan ini teknologi kendaraan sudah semakin maju banyak peran-peran mekanikal digantikan dengan elektrikal sehingga hampir tidak mungkin lagi melakukan service tanpa menggunakan scanner mobil. Penggantian komponen mobil tidak akan berfungi/bekerja dengan baik jika tidak dilakukan registrasi atau sinkronisasi dengan ECU. Pengaturan idling system sudah tidak bisa lagi dilakukan dengan secara mekanik, pengaturan emisi dan lain sebagainya.

Untuk melakukan programming sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit-sulit amat kan tetapi keterampilan dan pengetahuan yang memadai dibutuhkan untuk melakukannya selain itu tentu butuh peralatan khusus. Scanner mobil biasa tidak dapat melakukan programming ECU melainkan scanner mobil yg memiliki fitur special function. Untuk itu pastikan scanner mobil anda memiliki fitur tersebut. Selain itu ada alat tambahan yang dibutuhkan untuk melakukannya yaitu konektor SAE J2534.

Apa itu konektor SAE J2534? Adalah sebuah peralatan penghubung antara komputer dengan ECU melalui port OBD-II atau CANbus. Alat ini distandarisasi sejak tahun 2004 oleh SAE International sebagai konektor universal untuk setiap pabrikan mobil. Tanpa alat ini maka programming atau flasing ECU tidak dapat dilakukan.

Cara kerja konektor SAE J2534

 

 

By | 2018-05-29T09:28:51+00:00 May 29th, 2018|Otomotif, Software Otomotif|0 Comments

Leave A Comment